SARAN SEBELUM, SEDANG HAMIL & SETELAH MELAHIRKAN

Monday, December 6, 2010


 Kehamilan adalah suatu masa yang menyenangkan dan memerlukan kesabaran bahkan pengorbanan, khususnya pada kulit dan bentuk tubuh. Bagaimana kita mengurangi masalah pada kulit dan bentuk tubuh kita semasa hamil? Mari kita simak di bawah ini.
Kehamilan sampai pada melahirkan yang memerlukan waktu 9 bulan lebih dapat kita bagi menjadi 3 tahap Triwulanan. Pada Triwulan Per-tama wanita yang sedang hamil bisa merasa mengantuk, mual, muntah-muntah, payudara membesar, dan puting payudara berubah warna. Sedangkan pada Triwulan Kedua, nafsu makan dapat meningkat, mual & muntah-muntah berkurang, stretch mark dapat timbul di sekitar perut dan payudara. Pada Triwulan Ketiga kehamilan, kaki dapat membengkak dan sistem lymphatic bisa terganggu, dan hormon yang disebut “Relaxin” mulai dikeluarkan oleh tubuh untuk persiapan melahirkan.

MASALAH/GEJALA YANG AKAN TIMBUL
Selama masa kehamilan hormon tubuh seperti Oestrogen dan Progesterone meningkat. Ini dapat mempengaruhi keindahan kulit kita. Dampak apa yang akan timbul pada saat tubuh kita sedang menyesuaikan diri dengan kadar hormon tersebut? Pada Triwulan Pertama, kulit kita dapat berubah cenderung berwarna agak gelap. Pada bulan-bulan berikutnya, kulit akan berubah lebih baik. Berat & ukuran badan yang meningkat dapat menimbulkan stretch mark, sedangkan pada kulit dan rambut terkadang berubah menjadi lebih berminyak, tapi ada juga yang berubah menjadi lebih kering. Ada kalanya Lingkaran Hitam Mata juga timbul sewaktu hamil. Bagian puting susu/payudara, flek-flek dan tahi lalat bisa berubah menjadi agak gelap. Masa kehamilan juga dapat ditemui timbulnya masalah baru seperti Hyperpigmentasi yang disebut Chloasma/Mask of Pregnancy, timbul di sekitar: pipi, bibir atas, leher dan dahi. Hiperpigmentasi ini dapat diperberat apabila sering terkena sinar UV matahari, apalagi bila tanpa memakai tabir surya. Kulit wanita yang sedang hamil juga mudah menjadi Photosensitif. Dengan bertambahnya berat badan semasa kehamilan, varicose veins di bagian bawah tubuh lebih mudah timbul.

SARAN SEBELUM, SEDANG HAMIL & SETELAH MELAHIRKAN

Sebelum melahirkan, kita dapat merencanakan program untuk menjaga kulit & bentuk tubuh, supaya rasa percaya diri tetap terjaga. Bagi ibu yang sedang hamil atau baru melahirkan, rasa was-was akan bentuk tubuhnya dan kondisi kulitnya sering menjadikannya kuatir. Sebaiknya dipikirkan saran-saran utuk melakukan sebagai berikut :
1. Bagi yang merencanakan untuk menikah atau mengandung, sebaiknya mempersiapkan diri untuk merawat kulit muka & tubuh dengan memakai produk yang mengandung Asam Glikolat & Asam Laktat yang dapat mendorong peningkatan produksi kolagen dan elastin yang mana dapat mengurangi timbulnya masalah stretch mark. Disamping itu, Asam Glikolat berfungsi untuk memutihkan dan mengelupasi sel-sel mati.
2. Bagi yang sedang hamil, disarankan makan makanan yang mengandung Vitamin P (bioflavonoids dan flavones), dan makanan yang mengandung banyak vitamin C. Makanan yang mengandung Vitamin P banyak didapat di sayur-sayuran dan buah-buahan yang berwarna cerah seperti: brokoli, kubis ungu, anggur, cherry, blueberries untuk menguatkan dinding kapiler guna me-ngurangi resiko terkena couperose. Bioflavonoids mempunyai sifat anti oksidasi dan dapat membantu mengurangi pembengkakan, rasa nyeri / sakit dan reaksi allergi. Jangan terlalu sering memakai sepatu dengan hak tinggi.
3. Clinical Facial dan facial mata dapat dilakukan pada wanita yang sedang hamil untuk pengelupasan sel-sel mati. Facial yang dilakukan sebaiknya juga dapat memberikan rasa tenang & relax, seperti Clinical Facial digabung dengan Cryo Terapi.
4. Bagi yang sedang hamil, perlu mewaspadai timbulnya lingkaran hitam di sekitar mata, untuk itu dapat melakukan Clinical Eye Facial. Sedangkan di rumah dapat melakukan Massase pada bagian kantung mata (bila ada), menggunakan jari tangan yang tengah dari arah ujung dalam ke arah ujung pinggir mata dan bergerak arah bulat, dan menggunakan masker mata dan krim mata yang mengandung Asam Glikolat untuk mencegah serta membantu mengatasi kerut mata, lingkaran hitam dan jerawat batu.
5. Hindari di ruang yang ada AC terlalu lama tanpa memakai pelembab yang cukup. Begitu pula hindari sering naik pesawat udara, terkena sinar UV matahari & stress.
6. Gunakan tabir surya dalam bentuk krim / fluid dengan SPF 15 ke atas seperti Danes H2O yang boleh digunakan pada bagian leher pada pagi hari bila ingin keluar rumah atau ke kantor. Di samping itu fluid tersebut bisa mencegah TEWL (Trans Epidermal Water Loss).
7. Perlu tidur yang cukup, karena kurang tidur dapat membuat muka kita terlihat seperti lelah dan kulit terlihat kendor. Disamping itu, perlu mengurangi alkohol, kafein dan merokok. Merokok dapat menyebabkan kerut halus di sekitar mulut dan mata, kulit juga menjadi lebih kering dan dapat merusak jaringan kolagen di kulit kita.
8. Setelah melahirkan dan beristirahat yang cukup, boleh melakukan perawatan terpadu (untuk memulihkan/memperindah kulit muka & tubuh serta melakukan Body Shaping/pembentukan tubuh. Di klinik Danes, pertama-tama kami berikan/hitung berat badan ideal untuk menjadi targetnya. Dan setelah kita konsultasikan, kami berikan program yang terpadu, mencakup : Makanan Sehat Rendah kalori, Supplemen Nutrisi yang cukup, program penurunan berat badan sekaligus Body Shaping seperti Infrasnella, serta perawatan kulit bagian-bagian : Muka (untuk kerut, memutihkan, dehidrasi, flek-flek), Mata(untuk lingkaran hitam & kantung mata), dan tubuh (perawatan Stretch Mark, Selulit dan perawatan memutihkan kulit).
(bid/berbagai sumber)




0 komentar:

Post a Comment

 
 
 

About Me

Total Pageviews